Beginilah Amalan Maqomi Yang Mesti Hidup Di Mesjid

9:03 AM
Beginilah Amalan Maqomi Yang Mesti Hidup Di Mesjid
AMAL MAQOMI
Masjid adalah pusat amal, tempat dari mana hidayah ke seluruh alam tersebar; bila masjid itu ada amal Nabi SAW' sebagaimana Masjid Nabawi di zaman para Sahabat Rasulullah SAW.
Apa itu amal masjid nabawi?
  • Musyawarah Harian
Musyawarah harian biasanya dilakukan setelah taklim subuh. Setiap peserta mentaati adab dan tertib musyawarah. Musyawarah dipimpin oleh seorang amir musyawarah.

  • 2,5 jam atau 8 jam sehari buat da'wah
Dua setengah jam artinya kita bersilaturrahmi setelah magrib ke rumah saudara sekitar mesjid tempat tinggal kita. Rumah yang di datangi adalah rumah yang kebetulan laki-lakinya tidak atau jarang ke mesjid yang ditentukan dari musyawarah.

  • Jaulah satu tiap minggu sekali di masjid sendiri
Jaulah 1 dilaksanakan pada hari yang ditetapkan dari musyawarah harian. Jaulah 1 dilakukan di mesjid tempat tinggal kita.
  • Jaulah dua di masjid tetangga setiap minggu sekali
Jaulah 2 dilaksanakan di mesjid tetangga yang mesjidnya belum ada amal maqomi sama sekali, jika ada amal tapi hanya sedikit. Masjid yang hidup 5 amal hendaknya risau dengan masjid tetangga yang tidak ada amal.
  • Mengeluarkan jama'ah untuk da'wah minimal 3 hari dari masjid sendiri
Setiap bulan jamaah dari mesjid kita sendiri keluar 3 hari ke mesjid tetangga atau mesjid yang disepakati ketika musyawarah, menurut arahan mesjid tempat keluar 3 hari adalah mesjid yang dilakukan jaulah 2 oleh kita (arahan dapat berubah-ubah).


Pembaca yang berbahagia demikian mudzakarah kita tentang amal maqomi. Niat amal dan sampaikan kepada saudara kita yang belum mengetahuinya. Silahkan di share..

Previous
Next Post »
0 Komentar